Mengenai Saya

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
just an ordinary girl with complicated mind.
Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Senin, 23 Juli 2012

Lichen

Lichen


Lichen merupakan simbiosis fungi dan alga. Golongan fungi yang biasanya membentuk lichen adalah ascomycetes atau basidiomycetes sedangkan golongan alga yang biasanya membentuk lichen adalah cyanophyceae atauchlorophyceae.

Struktur Morfologi Lichen
Tubuh Lichen dinamakan thalus yang secara vegetatif mempunyai kemiripan dengan algae dan jamur. Thallus ini berwarna abu-abu atau abu-abu kehijauan. Beberapa spesies ada yang berwarna kuning, orange, coklat atau merah dengan habitat yang bervariasi.

Struktur Anatomi Lichen
 
Habitat
Pada umumnya lichen hidup sebagai epifit pada pohon tapi dapat juga hidup di atas tanah bahkan dapat hidup di daerah yang ekstrim, sehingga lichen sering disebut organisme perintis.

Reproduksi Lichen
Pada umumnya lichen berkemabangbiak secara vegetatif dengan cara :
1. Sebagian thalusnya memisahkan diri yang kemudian akan berkembangbiak menjadi individu baru.
2. Perkembangbiakan melalui soredia. Soredia adalah kelompok sel-sel ganggang yang sedang membelah diri diselubungi oleh hifa-hifa fungi.
3. Perkembangbiakna dengan spora fungi hanya menghasilkan lichen baru jika fungi tersebut dapat menemukan partner alga yang cocok.

Berdasarkan Tipe Thalus
a. Crustose : merupakan lapisan kerak/ kulit yang tipis di atas batu/ tanah/ kulit pohon. Lichen jenis ini susah dilapaskan dari substratnya. contoh : Graphis sp 

0 komentar: