Mengenai Saya

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
just an ordinary girl with complicated mind.
Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Jumat, 17 Juni 2016

Tips ngerjain laporan praktikum jurusan biologi

Hola, kali ini aku akan kasih tips ngerjain laporan praktikum, so check this out!

1. Nyicil laporan
Tips yg satu ini ampuh banget lho, aku sering ngelakuin dan it's works.. jadi misalnya laporan prak kan ada pendahuluan bla bla bla, nah kalo ada waktu kosong di kampus daripada ngegosip mending nyicil nulis pendahuluan dll deh

2. Nyiapin amunisi
Kalo aku browsing dulu sebanyak2nya buat isi laporan. Referensi yg dipake boleh dari blog kaka kelas, jurnal dll. Tapi lebih bagus dari jurnal atau buku, lebih bisa dipercaya sitasinya hehe. Abis itu kamu tinggal pilah pilih amunisi mana yg kamu masukin di laporan prak kamu

3. Bikin mind mapping
Sebelum kamu nulis laporan, pastiin kamu tau apa yg kamu tulis dan tulisan harus nyambung perkalimatnya. Sebenernya nulis laporan itu latian nulis skripsi lho. Dosen sengaja bikin kurikulum seperti itu supaya kamu terbiasa nulis karya ilmiah dan gak kaget lagi kalo nulis skripsi. Laporan n skripsi ga jauh beda kok, cuma kalo skripsi lebih detail..

4. Bikin suasana senyaman mungkin
Nah ini penting banget, aku kalo mau nulis laporan harus ditemenin musik, soalnya kalo ga pasti ketiduran (maklum pelor). Tapi ada juga tipe yg sukanya suasana hening pas lagi ngerjain laporan. Ya intinya bikin senyaman mungkin, siapin cemilan. Mahasiswa biologi jarang yg subur karena waktunya dipake buat laporan mulu. Makan aja kadang ga sempet. Tapi kalo bisa jangan gitu ya guys. Kesehatan itu penting lho. Apalagi kite mainannya bakteri dan kawan2nya mulu. Ga lucu kan gara gara praktikum pake inokulum S. typhi jadi sakit tifus 😂. N satu  lagi jangan stress. Emang sudah resiko masuk biologi yg dikasih laporan segunung tiap harinya. Jadi jangan nyerah ya. Keep fighting 😚💪

0 komentar: